5+1 Cara Ampuh untuk Menurunkan Gula Darah

gula dan alat pengukur gula darah

Saat kadar gula darah dalam tubuh kita tinggi, maka kita memerlukan cara menurunkan gula darah. Gula darah yang tinggi ini sangat membahayakan karena mengganggu kesehatan.

Gula darah merupakan glukosa dalam darah yang terbentuk dari senyawa karbohidrat pada makanan dan disimpan sebagai glikogen di hati.

Glukosa ini menjadi sumber energi utama dan cadangan yang memang dibutuhkan oleh sel dan tubuh. Artinya, gula dalam darah ini memiliki peran penting untuk kelangsungan hidup.

Namun, jika kadar gula darah ini meningkat dengan berlebihan, justru menyebabkan penyakit yang sering disebut dengan Diabetes Miletus.

Suatu kelaianan yang diakibatkan karena menurunnya fungsi hormon insulin dan gula pun tetap beredar dalam darah. Keadaan ini dapat meningkatkan risiko komplikasi penyakit lainnya.

Oleh karena itu, kita perlu sebuah cara untuk menurunkan gula darah jika kadar gula dalam tubuh sudah terlanjur tinggi.

Gula dan alat pengukur kadar gula darah (sumber: freepik)

Penyebab Gula Darah Tinggi

Gula darah tinggi ini sebenarnya banyak sekali penyebabnya. Hal ini bisa dikarenakan pola makan atau gaya hidup yang tidak sehat.

Berikut adalah beberapa penyebab gula darah yang tinggi:

  1. Gangguan pada hormon insulin.
  2. Kekurangan air.
  3. Mengonsumsi makanan dengan pemanis buatan.
  4. Fenomena fajar.
  5. Perubahan hormon saat menstruasi.
  6. Konsumsi obat-obatan.
  7. Kurangnya istirahat dan jam tidur.
  8. Mengonsumsi kopi.
  9. Melewatkan sarapan.

Kebiasaan-kebiasaan di atas akan mempengaruhi gula darah menjadi tinggi jika tidak diperhatikan.

Artinya, kita harus selalu sadar dengan aktivitas dan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Adanya kesadaran ini menjadikan kita agar terhindar dari risiko gula darah tinggi.

Selain kesadaran ini, kita juga dapat mengontrol gula darah menggunakan berbagai cara dari menurunkan gula darah.

Baca Juga: Penyakit Diabetes: Pengertian, Penyebab dan Cara Mencegah

5+1 Cara Menurunkan Gula Darah

Hal ini dikarenakan sebagian besar dari cara-cara tersebut memang mengkontradiksi penyebab dari gula darah tinggi.

Lalu apa saja sih cara untuk menurunkan gula darah pada tubuh? Berikut ulasannya:

1. Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Penghitungan berapa banyak asupan karbohidrat ke dalam tubuh menjadi sangat penting. Karbohidrat adalah sumber utama dari terbentuknya glukosa dalam darah.

Oleh karena itu, banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat ini dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Hal ini sangat berbahaya untuk masyarakat Indonesia karena makanan utama kita adalah nasi.

Di mana nasi merupakan sumber karbohidrat yang kaya.

Karbohidrat ini seratus persen akan diubah menjadi glukosa ketika masuk ke dalam tubuh. Sehingga penghitungan karbohidrat sama dengan penghitungan gula yang masuk.

Bagi penderita gula darah tinggi sebaiknya hindari makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Mengurangi konsumsi karbohidrat adalah salah cara menurunkan gula darah.

2. Minum Air Putih, Cara Sederhana untuk Menurunkan Gula Darah

Cara selanjutnya untuk menurunkan gula darah adalah banyak meminum air putih. Aktivitas ini sangat sederhana tetapi sering dilupakan oleh sebagian besar orang.

Alasannya karena air putih ini tidak ada rasanya sehingga kurang nikmat untuk dikonsumsi.

Selain menghilangkan dehidrasi tubuh, air putih ini juga membantu organ ginjal dalam membuang gula yang berlebih.

Artinya, air putih secara tidak langsung membantu untuk menjaga kadar gula dalam tubuh agar tetap normal. Hal ini sering disepelekan oleh orang-orang.

Minum air putih juga membantu rehidrasi darah, menormalkan kadar gula darah, dan mengurangi risiko penyakit diabetes.

Aktivitas meminum air putih ini sering dilupakan oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, penderita diabetes di Indonesia selalu meningkat dan menempati 10 besar dunia dalam jumlah penderitanya.

3. Konsumsi Makanan dengan Indeks Glikemiks Rendah

Tentu saja mengonsumsi makanan dengan indeks glikemiks rendah akan menjamin gula darah tetap normal.

Indeks ini adalah nilai yang memperlihatkan potensi makanan dalam peningkatan gula darah. Semakin tinggi indek glikemis makanan semakin tinggi pula kadar gula dalam darah.

Oleh karena itu, jika ingin menghindari gula darah tinggi, maka hindari pula makanan atau minuman dengan indek glikemiks yang tinggi.

4. Olahraga

Banyaknya aktivitas fisik yang kita jalani juga menentukan tinggi atau tidaknya kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, olahraga rutin merupakan salah satu cara menurunkan gula darah.

Kegiatan olahraga ini dapat meningkatkan sel sensorik pada hormon insulin. Sehingga sel-sel tubuh menjadi lebih peka terhadapt insulin dan sensivitas insulin pun menjadi lebih baik.

WHO, sebagai organisasi kehatan dunia, mengatakan bahwa orang dewasa sebaiknya melakukan olahraga minimal 150 menit tiap minggunya.

Artinya, waktu olahraga tersebut dapat dibagi menjadi beberapa hari dan dijadwal sesuai kemampuan masing-masing.

Olahraga dengan jadwal yang rutin ini sangat bermanfaat untuk kesehatan juga kebugaran tubuh. Bagi penderita gula darah tinggi sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga secara rutin.

Aktivitas olahraga yang rutin akan memberikan dampak positif pada jantung. Organ tersebut akan terangsang untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Pemompaan darah yang membawa gula ini akan menghasilkan energi yang lebih banyak. Sehingga gula dalam darah ini akan terdistribusi dengan rata dan tidak menumpuk.

5. Makan Makanan Berserat

Mengonsumsi makanan dengan kandungan serat juga menjadi kunci dari cara menurunkan gula darah.

Berdasarkan penelitian Harvard University, perempuan yang mengonsumsi makanan rendah serat akan 2,5 kali berisiko lebih tinggi terkena diabetes dibandingkan perempuan yang mengonsumsi makanan tinggi serat.

Serat dapat mengurangi kebutuhan insulin karena serat ini memperlambat penyerapan karbohidrat sehingga mencegah kenaikan gula darah secara tiba-tiba.

Konsumsi serat yang rendah dapat meningkatkan kebutuhan tubuh akan hormon insulin.

Terdapat dua jenis serat pada makanan, serat larut dan serat tidak larut. Jenis serat larut inilah yang sudah terbukti untuk menurunkan gula darah tinggi.

Bio Insuleaf sebagai Cara Alami Menurunkan Gula Darah

Selain menerapkan kelima cara di atas, terdapat satu cara menurunkan gula darah lagi yang ampuh, yaitu dengan mengonsumsi sirup herbal Bio Insuleaf.

Bio Insuleaf ini memang didesain khusus untuk menangani permasalahan gula darah tinggi. Oleh karena itu, penderita gula darah tinggi sangat disarankan untuk mengonsumsi produk herbal ini.

Sirup herbal ini disusun menggunakan 21 ekstrak tanaman herbal yang berkualitas. Sebagian besar ekstrak alami ini pun memang memiliki fungsi utama sebagai antidiabetes.

5 komponen utama dalam Bio Insuleaf ini sangat bermanfaat untuk menormalkan kadar gula dalam darah.

Mengonsumsi Bio Insuleaf ini sama dengan mengonsumsi mengkudu, mahkota dewa, dan brotowali sekaligus. Di mana ketiga bahan ini sangat berpengaruh untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Bio Insuleaf sudah bersertifikat halal dan terdaftar dalam Badan POM (BPOM). Artinya, produk ini aman untuk dikonsumsi dan dijadikan suatu cara untuk menurunkan gula darah.

Produk herbal ini pun memberikan banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Terutama untuk kesehatan di masa mendatang.

Baca Juga: Cara Kerja Bio Insuleaf, Sirup Penstabil Gula Darah

Demikian cara-cara ampuh untuk menurunkan gula darah yang tinggi. Gaya hidup dan pola makan yang sehat sangat memiliki pengaruh terhadap kuantitas gula dalam darah.

Jika kadar gula dalam darah sudah terlanjur tinggi, segeralah melakukan 5 cara di atas. Namun, untuk cara yang lebih ampuh dalam menurunkan gula darah ini dapat dengan mengonsumsi Bio Insuleaf.

Sirup yang ampuh untuk menormalkan kadar gula darah, Bio Insuleaf!

5+1 Cara Ampuh untuk Menurunkan Gula Darah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas